Minggu, 12 Mei 2013

Penelitian Lingkungan Pertambangan


 Tanggapan  Penelitian Lingkungan Pertambangan

Mind map penelitian lingkungan pertambangan, mind map ini befmanfaat untuk memudahkan kita pada saat membaca penelitian. Mind map dibuat berdasarkan sub judul yang ada pada setiap bab penelitian lingkungan pertambangan. Berikut ini adalah mind map dari penalitian lingkungan pertambangan:

Gambar 3.1 Mind Map Lingkungan Pertambangan

Studi Kasus Lingkungan Pertambangan
PT Freeport Indonesia, anak perusahaan yang mengoperasikan tembaga Grasberg dan tambang emas telah dituduh melakukan pengrusakan lingkungan yang sangat besar, terutama pembuangan:
 130.000 ton limbah batuan (tailing) setiap harinya ke sungai lokal sebagai lokasi pembuangan. Grasberg juga menjadi terkenal karena pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh ribuan tentara di situs pertambangan yang diduga ada untuk melindungi tambang dari penduduk setempat yang tidak puas, penduduk yang tanahnya telah digali atau yang menjadi tempat pembuangan tailing. 

Tanggapan (analisis):
 Kasus PT Freeport kebijakan tata lingkungan pertambangan memang dibutuhkan bagi usaha pertambangan dalam kelanjutan usaha pertambangan yang berkesinambungan. Berdasarkan UU No 42/1982 tentang ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup dengan PP No 29 1986 bertujuan untuk menciptakan keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan, terkendalinya manusia Indonesia menjadi pembina lingkungan, terciptanya pembangunan berwawasan lingkungan, terlindungnya Negara dari dampak pembangunan,  kemudian dalam pendekatan pengelolaan lingkungan yang paling popular adalah AMDAL atau yang dikenal dengan analisis masalah dampak lingkungan yaitu meniadakan atau mengurangi resiko, mengoptimalkan hasil pembangunan, meniadakan atau mencegah pertikaian. Pembahasan mengenai kasus ini dalam menghadapi krisis internal antara Perusahaan dan Karyawan, dan krisis Eksternal anata Perusahaan dan Masyarakat. Berbicara mengenai kesenjangan sosial dalam masyarakat, merupakan pembahasan yang tidak akan pernah habisnya. Akan ada banyak hal terkait dengan masalah sosial, karena berbagai hambatan pasti silih berganti. Salah satu contohnya saat ini yang lagi memanas adalah konflik PT. Freeport dengan para pekerja yang mandek kerja yang sebenarnya hanya meminta kenaikan gaji dan masyarakat Papua yang butuh rasa aman dan nyaman.



0 komentar:

Posting Komentar