Jumat, 18 November 2011

tugasku ilmu sosial dasar (isd)


ISD
1.                  PENGERTIAN
Untuk menjawab berbagai tantangan dan persoalan dalam kehidupan lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan. Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai bu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga:
a.       Natural Sciences (Ilmu-Ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
b.      Sosial Sciences (Ilmu-ilmu sosial), terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, sejarah, Psikologi, Geografi, dan lain-lain.
c.       Humanities (imu-ilmu Budaya) meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, kesenian dan lain-lain.
Mengikuti pembagian ilmu-ilmu pengetahuan seperti di atas maka ilmu sosial dasar dan ilmu budaya dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebaga usaha pendidikan. Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Idonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi, geografi sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
Ilmu sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmuyah sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan. Ilmu sosial Dasar merupakan disiplin ilmu terdiri, karena Ilmu sosial dasar mempunyai obyek da metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin imu, seperti ilmu-ilmu sosial diatas.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan atau program studi atau pekerjaan yang khusus dirancang utuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di peguruan tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkn, sehingga lebih peka terhadapnya.
2.      TUJUAN
Sebagai salah satu dari mata kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
a.       Memeahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menangulanginya.
c.       Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalubersifat kompleksdan anya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis interdisiplines.
d.      Memahami jalan pikran para ahli dari bidang ilmu pegetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

3.      ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyaipersamaan dan perbedaan. Adapun persamaan antara keduanya adalah:
a.       Kudua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b.      Keduanya bukan ilmu yang berdiri sendiri
c.       Keduanya memiliki materi yang terdiri darikenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antar keduanya:
a.       Ilmu Sosial Dasar dierika di perguruan tinggi, sedang ilmu Pengetahuan Sosial diberika di Sekolah Dasar dan sekolah Lanjutan
b.      Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu mata kuliah tunggal, sedangkan Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran

4.      RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-maslh sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaklah kita mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan  atas tiga golongan:
1.      Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan-kenyatan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya peerbedaan latarbelakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2.      Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyatan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu Pengetahuan Sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep keanekaragaman dan konsep kesatuan sosial. Bertolak dari kedua konsep tersebut diatas , maka kita dapat pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
a.       Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
b.      Persamaan dan perbedaan kepentingan persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya pertentangan / konflik, kerja sama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
3.      Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Berdasarkan bahan kajian seperti yang disebutkan di atas, dapat dijabarkan lebih ke dalam pokok bahasan dan sub pkok bahasan , untuk dapat di operasionalkan.
Konsorsium antar bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar teerdiri dari 8 pkok bahasan. Dari ke delapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan ilmu sosial dasar diharapkan mempelajari Dan memahami adanya :
1.      Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan
2.      Masalah individu, keluarga dan masyarakat
3.      Masalah pemuda dan sosialisasi
4.      Masalah hubungan antar warga Negara dengan Negara
5.      Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6.      Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan
7.      Masalah pertentangan –pertentangan sosial dan integrasi.
8.      Manfaat ilmu pengetahuan dan tekhnologi bagi kemakmuran dan kesejahteraaan masyarakat
Untuk membantu memahami terhadap masalah-masalah tersebut diatas maka dalam buku ini di himpun kumpulan karangan yang disusun dan berkaitan dengan masing-masing pokok bahasan yang telah ditentukan.
Sumber: Seri Diktat MKDU Ilmu Sosial Dasar HARWANTIYOKO NELTIJE F.KATUUK




0 komentar:

Posting Komentar