PENDAHULUAN
Organisasi profesi merupakan organisasi yang anggotanya
adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung
bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka
laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.
Semakin luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai
bidang, telah membuka peluang yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk
bekerja di perusahaan, instansi pemerintah atau dunia pendidikan di era globalisasi
ini.
Secara
global, baik di negara maju maupun negara berkembang, telah terjadi kekurangan
tenaga professional Tl. Menurut hasil studi yang diluncurkan pada April 2001
oleh ITAA (Information Technology Association of America) dan European
Information Technology Observatory, di Amerika pada tahun 2001 terbuka
kesempatan 900.000 pekerjaan di bidang Tl. Berikut ini jenis-jenis profesi IT
dan tugas utamanya:
IT Programmer
1.
Mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi
perangkat lunak.
2.
Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam
pengembangan perangkat lunak.
3.
Menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang
harus diselesaikan.
4.
Menyediaakan dukungan dan penyelesaian masalah
konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal.
5.
Bertanggung jawab atas kepuasan terkini pelanggan.
6.
Melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan tanggung
jawab yang diminta, seperti dalam sertifikat dan menuruti rencana dasar
perusahaan untuk membangun kecakapan dalam portofolio pruduk.
7.
Mengerjakan macam-macam tugas terkait seperti yang
diberikan.
8.
Membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan bersama
dengan rekan-rekan dalam perusahaan.
System Analyst
1.
Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan dan
evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk rancangan suatu sistem.
2.
Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi,
troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade sistem pengoperasian.
3.
Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi,
troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade perangkat keras, perangkat lunak,
serta sistem pengoperasiannya.
4.
Melakukan analisis dan evaluasi terhadap prosedur
bisnis yang ada maupun yang sedang diajukan atau terhadap kendala yang ada
untuk memenuhi keperluan data processing.
5.
Mempersiapkan flowchart dan diagram yang menggambarkan
kemampuan dan proses dari sistem yang digunakan.
6.
Melakukan riset dan rekomendasi untuk pembelian,
penggunaan, dan pembangunan hardware dan software.
7.
Memperbaiki berbagai masalah seputar hardware,
software, dan konektivitas, termasuk didalamnya akses pengguna dan konfigurasi
komponen.
8.
Memilih prosedur yang tepat dan mencari support ketika
terjadi kesalahan, dan panduan yang ada tidak mencukupi, atau timbul
permasalahan besar yang tidak terduga.
9.
Mencatat dan memelihara laporan tentang perlengkapan
perangkat keras dan lunak, lisensi situs dan/ atau server, serta akses dan
security pengguna.
10.
Mencari alternatif untuk mengoptimalkan penggunaan
komputer.
11.
Mampu bekerja sebagai bagian dari team, misalnya dalam
hal jaringan, guna menjamin konektivitas dan keserasian proses di antara
sistem yang ada.
12.
Mencatat dan menyimpan dokumentasi atas sistem.
13.
Melakukan riset yang bersifat teknis atas system
upgrade untuk menentukan feasibility, biaya dan waktu, serta kesesuaian
dengan sistem yang ada.
14.
Menjaga confidentiality atas informasi yang diproses
dan disimpan dalam jaringan.
15.
Mendokumentasikan kekurangan serta solusi terhadap
sistem yang ada sebagai catatan untuk masa yang akan datang.
IT Project Managers
1.
Mengembangkan dan mengelola work breakdown structure
(WBS) proyek teknologi informasi.
2.
Mengembangkan atau memperbarui rencana proyek untuk
proyek-proyek teknologi informasi termasuk informasi seperti tujuan
proyek, teknologi, sistem, spesifikasi informasi, jadwal, dana, dan staf.
3.
Mengelola pelaksanaan proyek untuk memastikan
kepatuhan terhadap anggaran, jadwal, dan ruang lingkup.
4.
Menyiapkan laporan status proyek dengan mengumpulkan,
menganalisis, dan meringkas informasi dan tren.
5.
Menetapkan tugas, tanggung jawab, dan rentang
kewenangan kepada personil proyek.
6.
Mengkoordinasikan rekrutmen atau pemilihan personil
proyek.
7.
Mengembangkan dan mengelola anggaran tahunan untuk
proyek-proyek teknologi informasi.
8.
Mengembangkan rencana pelaksanaan yang mencakup
analisis seperti biaya-manfaat atau laba atas investasi.
9.
Secara langsung atau mengkoordinasikan kegiatan
personil proyek.
10.
Menetapkan dan melaksanakan rencana komunikasi proyek.
IT Support Officer
1.
Menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan
bantuan IT.
2.
Membeli hardware IT, software dan hal-hal lain yang
berhubungan dengan hal tersebut.
3.
Instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan harian
baik untuk hardware & software Windows & Macintosh, peralatan
termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll.
4.
Korespondensi dengan penyedia jasa eksternal termasuk
Internet Service Provider, penyedia jasa Email, hardware, dan software
supplier, dll.
5.
Mengatur penawaran harga barang dan tanda terima
dengan supplier untuk kebutuhan yang berhubungan dengan IT.
6.
Menyediakan data / informasi yang dibutuhkan untuk
pembuatan laporan department regular.
Network Administrator
1.
Maintain dan perawatan jaringan LAN.
2.
Archive data.
3.
Maintain dan perawatan komputer.
Network Engineer
1.
Maintenance LAN dan Koneksi Internet.
2.
Maintenance hardware.
3.
Maintenance database dan file.
4.
Help Desk
5.
Inventory
Network and Computer Systems
Administrators
1.
Menjaga dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan
komputasi terkait termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak
sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi.
2.
Melakukan backup data dan operasi pemulihan kerusakan.
3.
Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan menyelesaikan
perangkat keras, perangkat lunak, atau jaringan lainnya dan masalah
sistem, dan mengganti komponen yang rusak bila diperlukan.
4.
Merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan
langkah-langkah keamanan jaringan untuk melindungi data, perangkat lunak,
dan perangkat keras.
5.
Mengkonfigurasikan, memonitor, dan memelihara aplikasi
email atau virus software perlindungan.
6.
Mengoperasikan master konsol untuk memonitor kinerja
sistem komputer dan jaringan, dan untuk mengkoordinasikan komputer akses
jaringan dan penggunaan.
7.
Memuat rekaman komputer dan disk, dan menginstal
perangkat lunak dan kertas printer atau form.
8.
Desain, mengkonfigurasi, dan perangkat keras uji
komputer, jaringan lunak dan perangkat lunak sistem operasi.
9.
Memonitor kinerja jaringan untuk menentukan apakah
penyesuaian perlu dibuat, dan untuk menentukan di mana perubahan harus
dibuat di masa depan.
10.
Berunding dengan pengguna jaringan tentang bagaimana
untuk memecahkan masalah sistem yang ada.
Network Systems and Data Communications
Analysts
1.
Menguji dan mengevaluasi hardware dan software untuk
menentukan efisiensi, reliabilitas, dan kompatibilitas dengan sistem yang
ada, dan membuat rekomendasi pembelian.
2.
Desain dan implementasi sistem, konfigurasi jaringan,
dan arsitektur jaringan, termasuk teknologi perangkat keras dan perangkat
lunak, lokasi situs, dan integrasi teknologi.
3.
Membantu pengguna untuk mendiagnosa dan memecahkan
masalah komunikasi data.
4.
Memantau kinerja sistem dan menyediakan
langkah-langkah keamanan, tips dan pemeliharaan yang diperlukan.
5.
Menjaga dibutuhkan file dengan menambahkan dan
menghapus file pada server jaringan dan membuat cadangan file untuk menjamin
keselamatan file apabila terjadi masalah dengan jaringan.
6.
Bekerja dengan engineer lain, analis sistem,
programer, teknisi, ilmuwan dan manajer tingkat atas dalam pengujian, desain
dan evaluasi sistem.
7.
Mengidentifikasi area operasi yang perlu diupgrade
peralatan seperti modem, kabel serat optik, dan kabel telepon.
8.
Konsultasi pelanggan, kunjungi tempat kerja atau
melakukan survei untuk menentukan kebutuhan pengguna sekarang dan masa
depan.
9.
Melatih pengguna dalam menggunakan peralatan.
10.
Memelihara perangkat seperti printer, yang terhubung
ke jaringan.
Web Administrators
1.
Backup atau memodifikasi aplikasi dan data yang
terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.
2.
Menentukan sumber halaman web atau masalah server, dan
mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.
3.
Meninjau atau memperbarui konten halaman web atau link
pada waktu yang tepat, menggunakan tool-tool.
4.
Memonitor sistem untuk intrusi atau serangan denial of
service, dan melaporkan pelanggaran keamanan untuk personil yang tepat.
5.
Menerapkan langkah-langkah keamanan situs web, seperti
firewall atau enkripsi pesan.
6.
Mengelola internet / intranet infrastruktur, termasuk
komponen seperti web, file transfer protocol (FTP), berita dan server mail.
7.
Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk membahas,
menganalisis, atau menyelesaikan masalah kegunaan.
8.
Test backup atau pemulihan rencana secara teratur dan
menyelesaikan masalah.
9.
Memonitor perkembangan web melalui pendidikan
berkelanjutan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi profesional,
workshop, atau kelompok.
10.
Menerapkan update, upgrade, dan patch pada waktu yang
tepat untuk membatasi hilangnya layanan.
Web Developers
1.
Mendesain, membangun, atau memelihara situs web,
menggunakan authoring atau bahasa scripting, alat penciptaan konten, alat
manajemen, dan media digital.
2.
Melakukan atau update situs web langsung.
3.
Menulis, desain, atau mengedit konten halaman web,
atau yang lain langsung memproduksi konten.
4.
Berunding dengan tim manajemen atau pengembangan untuk
memprioritaskan kebutuhan, menyelesaikan konflik, mengembangkan kriteria
konten, atau memilih solusi.
5.
Back-up file dari situs web untuk direktori lokal
untuk pemulihan instan dalam kasus masalah.
6.
Mengidentifikasi masalah yang ditemukan oleh umpan
balik pengujian atau pelanggan, dan memperbaiki masalah masalah atau
merujuk pada personalia yang tepat untuk koreksi.
7.
Evaluasi kode untuk memastikan bahwa itu adalah sah,
benar terstruktur, memenuhi standar industri dan kompatibel dengan
browser, perangkat, atau sistem operasi.
8.
Menjaga pemahaman teknologi web saat ini atau praktek
pemrograman melalui melanjutkan pendidikan, membaca, atau partisipasi dalam
konferensi profesional, workshop, atau kelompok.
9.
Menganalisis kebutuhan pengguna untuk menentukan
persyaratan teknis.
10.
Mengembangkan atau memvalidasi tes routine dan jadwal
untuk memastikan bahwa uji kasus meniru antarmuka eksternal dan alamat
semua jenis browser dan perangkat.
Computer Security Specialists
1.
Mengenkripsi transmisi data dan membangun firewall
untuk menyembunyikan informasi rahasia seperti sedang dikirim dan untuk
menahan transfer digital tercemar.
2.
Mengembangkan rencana untuk melindungi file komputer
terhadap modifikasi disengaja atau tidak sah, perusakan, atau pengungkapan
dan untuk memenuhi kebutuhan pengolahan data darurat.
3.
Meninjau pelanggaran prosedur keamanan komputer dan
mendiskusikan prosedur dengan pelanggar untuk memastikan pelanggaran tidak
terulang kembali.
4.
Memonitor penggunakan file data dan mengatur akses
untuk melindungi informasi dalam file komputer.
5.
Monitor laporan saat ini dari virus komputer untuk
menentukan kapan untuk memperbarui sistem perlindungan virus.
6.
Memodifikasi keamanan file komputer untuk memasukkan
software baru, memperbaiki kesalahan, atau mengubah status akses individu.
7.
Melakukan penilaian risiko dan melaksanakan tes
pengolahan data sistem untuk memastikan fungsi pengolahan data kegiatan
dan langkah-langkah keamanan.
8.
Berunding dengan pengguna untuk membahas isu-isu
seperti akses data komputer kebutuhan, pelanggaran keamanan, dan perubahan
pemrograman.
9.
Melatih pengguna dan meningkatkan kesadaran keamanan
untuk memastikan keamanan sistem dan untuk meningkatkan efisiensi server
dan jaringan.
10.
Mengkoordinasikan pelaksanaan rencana sistem komputer
dengan personil pendirian dan vendor luar.
MODEL DAN
STANDAR PROFESI DI INDONESIA
Standarisasi
Profesi IT Menurut pemerintah dan SRIG-PS SEARCC
a. Standar Pemerintah
a. Standar SRIG-PS SEARCC
Beranggotakan 13 negara dibentuk pada Februari 1978, lebih ditekankan
pada jenis pekerjaan dan tingkat keahlian ataupun tingkat pengetahuan yang
dibutuhkan.
Dalam memformulasikan standard untuk Indonesia, suatu
workshop sebaiknya diselenggarakan oleh IPKIN (Ikatan Pengguna Komputer
Indonesia). Partisipan workshop tersebut adalah orang-orang dari industri,
pendidikan, dan pemerintah. Workshop ini diharapkan bisa memformulasikan
deskripsi pekerjaan dari klasifikasi pekerjaan yang belum dicakup oleh model
SRIG-PS, misalnya operator. Terlebih lagi, workshop tersebut akan menyesuaikan
model SRIG-PS dengan kondisi Indonesia dan menghasilkan model standard untuk
Indonesia. Klasifikasi pekerjaan dan deskripsi pekerjaan ini harus diperluas
dan menjadi standard kompetensi untuk profesioanal dalam Teknologi Informasi. Persetujuan
dan pengakuan dari pemerintah adalah hal penting dalam pengimplementasian
standard di Indonesia. Dengan demikian, setelah standard kompetensi
diformulasikan, standard tersebut dapat diajukan kepada kepada Pemerintah
melalui Menteri Tenaga Kerja. Selain itu standard tersebut juga sebaiknya harus
diajukan kepada Menteri Pendidikan dengan tujuan membantu pembentukan kurikulum
Pendidikan Teknologi Informasi di Indonesia dan untuk menciptakan pemahaman
dalam pengembangan model sertifikasi.
IPKIN selaku perhimpunan masyarakat komputer dan Informatika
di Indonesia telah membuat beberapa langkah untuk memasyarakatkan standardisasi
profesinya. Langkah-langkah yang telah disusun tersebut ada beberapa pentahapan
:
a. Penyusunan
kode etik profesional Teknologi Informasi,
b. Penyusunan
klasifikasi pekerjaan (Job) Teknologi Informasi,
c. Penerapan
mekanisme sertifikasi untuk profesional Teknologi Informasi,
d. Penerapan
sistem akreditasi untuk pusat pelatihan dalam upaya pengembangan profesi,
e. Penerapan
mekanisme re-sertifikasi.
Untuk melengkapi standardisasi, IPKIN sudah perlu menetapkan
Kode Etik untuk Profesi Teknologi Informasi. Kode Etik IPKIN akan dikembangkan
dengan mengacu pada Kode Etik SEARCC dan menambahkan pertimbangan-pertimbangan
yang sesuai dengan kondisi di Indonesia. Selanjutnya, mekanisme sertifikasi
harus dikembangkan untuk mengimplementasikan standard kompetensi ini. Beberapa
cara pendekatan dari negara lain harus dipertimbangkan. Dengan demikian, adalah
penting untuk mengumpulkan mekanisme standard dari negara-negara lain sebelum
mengembangkan mekanisme sertifikasi di Indonesia. Sertifikasi sebaiknya
dilaksanakan oleh IPKIN sebagai Asosiasi Komputer Indonesia. Pemerintah
diharapkan akan mengakui sertifikat ini, dan memperkenalkan dan mendorong
implementasinya di industri. Dalam mengimplementasikan mekanisme sertifikasi,
beberapa badan perlu dibentuk Badan Penguji harus dibentuk dan institusi
pendidikan sebaiknya dilibatkan dalam mekanisme ini. Hal ini perlu karena
institusi pendidikan memiliki pengalaman dalam memberikan ujian. Panitia
Persiapan Ujian, mempersiakan kebutuhan administrasi, pendaftaran, penjadwalan,
pengumpulan maeri ujian. Pelaksana Ujian, mempersiapkan tempat ujian dan
melaksanakan ujian. Menyerahkan hasil ujian kepada Badan Penguji untuk diperiksa,
mengolah hasil dan memberikan hasil kepada IPKIN Pelaksana akreditasi training
centre, untuk kebutuhan resertifikasi maka perlu dibentuk badan yang melakukan
penilaian terhadap pelaksana pusat pelatihan, tetapi hal ini baru dilaksanakan
setelah 5 tahun sistem sertifikasi berjalan, Pelaksana resertifikasi, hal ini
mungkin baru dapat dilaksanakan setelah 5 tahun setelah sistem sertifikasi
berjalan dengan baik Kerja sama antara institusi terkait dikoordinasikan. IPKIN
sebagai Asosiasi Profesi dapat memainkan peranan sebagai koordinator.
Dalam pembentukan mekanisme sertifikasi harus diperhatikan
beberapa hal yang dapat dianggap sebagai kriteria utama:
a. Sistem
sertifikasi sebaiknya kompatibel dengan pembagian pekerjaan yang diakui secara
regional.
b. Memiliki
berbagai instrument penilaian, misal test, studi kasus, presentasi panel, dan
lain-lain.
c. Harus
memiliki mekanisme untuk menilai dan memvalidasi pengalaman kerja dari para
peserta, karena kompetensi profesional juga bergantung dari pengalaman kerja
pada bidang tersebut.
d. Harus
diakui pada negara asal.
e. Harus
memiliki silabus dan materi pelatihan, yang menyediakan sarana untuk
mempersiapkan diri untuk melakukan ujian sertifikasi tersebut.
f. Sebaiknya
memungkinkan untuk dilakukan re-sertifikasi
g. Terintegrasi
dengan Program Pengembangan Profesional serta Dapat dilakukan pada region
tersebut.
MODEL DAN STANDAR PROFESI DI AMERIKA
DAN KANADA
Pejabat Keuangan Pemerintah Asosiasi
dari Amerika Serikat dan Kanada adalah organisasi profesional pejabat publik
bersatu untuk meningkatkan dan mempromosikan manajemen profesional sumber daya
keuangan pemerintah dengan mengidentifikasi, mengembangkan dan memajukan
strategi fiskal, kebijakan, dan praktek untuk kepentingan publik. Untuk lebih
tujuan tersebut, aparat pemerintah membiayai semua diperintahkan untuk mematuhi
standar hukum, moral, dan profesional perilaku dalam pemenuhan tanggung jawab
profesional mereka. Standar perilaku profesional sebagaimana diatur dalam kode
ini diwujudkan dalam rangka meningkatkan kinerja semua orang yang terlibat
dalam keuangan publik.
a.
Pribadi Standar
Petugas pembiayaan Pemerintah harus menunjukkan dan
didedikasikan untuk cita-cita tertinggi kehormatan dan integritas dalam semua
hubungan masyarakat dan pribadi untuk mendapat rasa hormat, kepercayaan, dan
keyakinan yang mengatur pejabat, pejabat publik lainnya, karyawan, dan
masyarakat. Mereka harus mencurahkan waktu, keterampilan, dan energi ke kantor
mereka baik secara independen dan bekerja sama dengan profesional lainnya.
Mereka harus mematuhi praktek profesional disetujui dan standar yang
dianjurkan.
b.
Tanggung jawab sebagai Pejabat Publik
Petugas pembiayaan Pemerintah harus mengakui dan
bertanggung jawab atas tanggung jawab mereka sebagai pejabat di sektor publik.
Mereka harus sensitif dan responsif terhadap hak-hak publik dan
kebutuhan-kebutuhannya berubah. Mereka harus berusaha untuk memberikan kualitas
kinerja tertinggi dan nasihat. Mereka akan bersikap bijaksana dan integritas
dalam pengelolaan dana dalam tahanan mereka dan dalam semua transaksi keuangan.
Mereka harus menjunjung tinggi baik surat dan semangat undang-undang,
konstitusi, dan peraturan yang mengatur tindakan mereka dan melaporkan
pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.
c.
Pengembangan Profesional
Petugas pembiayaan Pemerintah bertanggung jawab untuk
menjaga kompetensi mereka sendiri, untuk meningkatkan kompetensi kolega mereka,
dan untuk memberikan dorongan untuk mereka yang ingin memasuki bidang keuangan
pemerintah. petugas Keuangan harus meningkatkan keunggulan dalam pelayanan publik.
d.
Integritas Profesional – Informasi
Petugas pembiayaan Pemerintah harus menunjukkan
integritas profesional dalam penerbitan dan pengelolaan informasi. Mereka tidak
akan sadar tanda, berlangganan, atau mengizinkan penerbitan pernyataan atau
laporan yang berisi salah saji atau yang menghilangkan fakta material apapun.
Mereka harus menyiapkan dan menyajikan laporan dan informasi keuangan sesuai
dengan hukum yang berlaku dan praktek yang berlaku umum dan pedoman. Mereka
harus menghormati dan melindungi informasi rahasia yang mereka memiliki akses
berdasarkan kantor mereka. Mereka harus sensitif dan responsif terhadap
pertanyaan dari masyarakat dan media, dalam kerangka kebijakan pemerintah
negara bagian atau lokal.
e.
Integritas Profesional – Hubungan
Petugas pembiayaan Pemerintah harus bertindak dengan
kehormatan, integritas, dan kebajikan dalam semua hubungan profesional. Mereka
harus menunjukkan kesetiaan dan kepercayaan dalam urusan dan kepentingan
pemerintah yang mereka layani, dalam batas-batas Kode Etik ini. Mereka tidak
akan sadar menjadi pihak atau membiarkan aktivitas ilegal atau tidak layak.
Mereka harus menghormati hak, tanggung jawab, dan integritas dari rekan-rekan
mereka dan pejabat publik lainnya dengan siapa mereka bekerja dan asosiasi.
Mereka harus mengatur semua hal personil dalam lingkup kewenangan mereka
sehingga keadilan dan ketidakberpihakan mengatur keputusan mereka. Mereka akan
mempromosikan kesempatan kerja yang sama, dan dengan berbuat demikian,
menentang diskriminasi, pelecehan, atau praktik yang tidak adil lainnya.
f.
Konflik Kepentingan
Petugas pembiayaan Pemerintah harus secara aktif
menghindari munculnya atau kenyataan benturan kepentingan. Mereka harus
melaksanakan tugas mereka tanpa bantuan dan harus menahan diri dari terlibat dalam
hal-hal di luar kepentingan keuangan atau pribadi yang tidak sesuai dengan
kinerja tidak memihak dan tujuan tugas mereka. Mereka tidak akan, secara
langsung atau tidak langsung, mencari atau menerima keuntungan pribadi yang
akan mempengaruhi, atau tampaknya mempengaruhi, pelaksanaan tugas resmi mereka.
Mereka tidak akan menggunakan milik umum atau sumber daya untuk keuntungan
pribadi atau politik.
MODEL DAN STANDAR PROFESI DI EROPA
(INGGRIS, JERMAN, DAN PERANCIS)
Standar Praktek dikembangkan oleh
COTEC adalah kode sukarela yang dirancang untuk membantu Asosiasi Nasional
untuk membangun dan mengembangkan kode nasional sesuai dengan standar Eropa
praktek untuk terapis okupasi. Hal ini dimaksudkan untuk penerapan umum namun
dapat dimodifikasi untuk daerah spesialis misalnya pediatri praktek, kepedulian
masyarakat, dll psikiatri Jika ada kelompok seperti ingin melakukan ini, setiap
dealth masalah dengan dalam Standar Praktek, harus diberikan dan bijaksana
pertimbangan informasi karena mereka telah disertakan untuk relevansi mereka
untuk satu atau kegiatan lain dari praktek profesional kami. Sangat penting
bahwa isu-isu yang termasuk dalam Standar Praktek harus saat ini dan relevan
dengan anggota profesi yang menggunakan atau untuk yang menggunakannya
dimaksudkan. Standar COTEC Praktek adalah pernyataan kebijakan yang membantu
untuk mengatur dan menjaga standar praktek profesional yang baik. Dalam kasus
dimana keputusan harus dibuat mengenai perilaku tidak profesional dari seorang
ahli terapi kerja, Kode dapat digunakan sebagai panduan untuk standar perilaku
profesional yang tepat. Wakil untuk COTEC diminta untuk memastikan bahwa,
ketika kode sedang diterjemahkan ke dalam bahasa Eropa lainnya, hal itu
dilakukan sehingga oleh penutur asli. Hal ini dianjurkan karena memiliki frase
dan istilah yang kadang-kadang sulit diterjemahkan. Ada dua bagian utama dalam
dokumen ini, yaitu Kode Etik Federasi Dunia Kerja Therapist dan Standar Praktek
dirancang oleh COTEC pada tahun 1991 dan sekarang diperbaharui pada tahun 1996.
a.
Pribadi atribut
Pekerjaan terapis memiliki integritas pribadi,
kehandalan, pikiran yang terbuka dan loyalitas berkaitan dengan konsumen dan
bidang profesional keseluruhan. Tanggung jawab terhadap penerima Occupational
Layanan Terapi Pekerjaan terapis pendekatan semua konsumen dengan hormat dan
dengan memperhatikan untuk situasi masing-masing. Pekerjaan terapis akan tidak
diskriminasi terhadap konsumen berdasarkan ras, warna kulit, cacat, cacat,
asal-usul kebangsaan, umur, jenis kelamin, preferensi seksual, agama, keyakinan
politik atau status dalam masyarakat. pribadi preferensi konsumen dan kemampuan
untuk berpartisipasi akan diperhitungkan dalam perencanaan penyediaan layanan.
Kerahasiaan informasi pribadi’s konsumen dijamin dan setiap rincian pribadi
disampaikan hanya dengan persetujuan mereka.
b.
Perilaku dalam tim Terapi Pekerjaan dan dalam tim
multidisiplin
Pekerjaan terapis bekerja sama dan menerima tanggung
jawab dalam satu tim dengan mendukung tujuan medis dan psikososial yang telah
ditetapkan. terapis Kerja menyediakan laporan tentang kemajuan intervensi
mereka dan memberikan anggota lain dari tim dengan informasi yang relevan.
Mengembangkan pengetahuan profesional Pekerjaan terapis berpartisipasi dalam
pengembangan profesional melalui belajar sepanjang hidup dan selanjutnya
menerapkan diperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam kerja profesional
mereka.
c.
Promosi profesi
Pekerjaan terapis berkomitmen untuk perbaikan dan
pengembangan profesi pada umumnya. Mereka juga prihatin dengan mempromosikan
terapi okupasi yang lain masyarakat organisasi profesional, dan mengatur
badan-badan di, nasional dan internasional tingkat regional. World Federation
of Occupational Therapist: Komite Praktek Profesional; Maret 1990.
d.
Standar Praktek Konsumen
Untuk tujuan Standar COTEC Praktekkonsumen istilah
digunakan untuk menjelaskan pasien, klien dan / atau wali. Hal ini juga
termasuk mereka yang terapis kerja bertanggung jawab.
MODEL DAN STANDAR PROFESI DI ASIA
South East Asia
Regional Computer Confideration (SEARCC) merupakan suatu forum/badan yang
beranggotakan himpunan profiesional IT (Information Technology) yang terdiri
dari 13 negara. SEARCC dibentuk pada Februari 1978, di Singapore oleh 6 ikatan
komputer dari negara-negara : Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Philipine,
Singapore dan Thailand. SEARCC mengadakan konferensi setahun dua kali ditiap
negara anggotanya secara bergiliran. Keanggotaan SEARCC bertambah, sehingga
konferensi dilakukan sekali tiap tahunnya. Konferensi yang ke-15 ini, yang
bernama SEARCC '96 kali ini diselenggarakan oleh Computer Society of Thailand
di Thailand dari tanggal 3-8 Juli 1996.
Sri Lanka telah menjadi
anggota SEARCC sejak tahun 1986, anggota lainnya adalah Australia, Hong Kong,
India Indonesia, Malaysia, New Zealand, Pakistan, Philipina, Singapore, Korea
Selatan, Taiwan, Thailand, Kanada. Indonesia sebagai anggota South East Asia
Regional Computer Confideration (SEARCC) turut serta dalam berbagai kegiatan
yang dilaksanakan oleh SEARCC.
Salah satunya adalah
SRIG-PS (Special Regional Interest Group on Profesional Standardisation), yang
mencoba merumuskan standardisasi pekerjaan di dalam dunia Teknologi Informasi.
Untuk keperluan tersebut. SRIG-PS dibentuk karena adanya kebutuhan untuk
mewujudkan dan menjaga standard profesional yang tinggi dalam dunia Teknologi
Informasi, khususnya ketika sumber daya di region ini memiliki kontribusi yang
penting bagi kebutuhan pengembangan TI secara global. SRIG-PS diharapkan
memberikan hasil sebagai berikut :
a. Terbentuknya
Kode Etik untuk profesional TI
b. Klasifikasi pekerjaan dalam bidang Teknologi
Informasi
c. Panduan metoda sertifikasi dalam TI
d. Promosi dari program yang disusun oleh SRIG-PS
di tiap negara anggota SEARCC
Pada pertemuan yang ke
empat di Singapore, Mei 1994, tiga dari empat point tersebut hampir dituntaskan
dan telah dipresentasikan pada SEARCC 1994 di Karachi. Dalam pelaksanaannya
kegiatan SRIG-PS ini mendapat sponsor dari Center of International Cooperation
on Computerization (CICC). Hasil kerja tersebut dapat diperoleh di Central
Academy of Information Technology (CAIT), Jepang. Pelaksanaan SRIG-PS dilakukan
dalam 2 phase.
a. Phase
1, hingga pertemuan di Karachi telah diselesaikan.
b. Phase
2, akan diselesaikannya panduan model SRIG-PS, phase 2 ini akan diselesaikan di
SEARCC 97 yang akan diselenggarakan di New Delhi.
Jenis profesi IT di Indonesia
perbandingannya dengan negara lain:
Model British Computer Society (BCS)
BCS merupakan suatu model yang komprehensif, tetap
berlangsung dan mudah dipahami. Namun, bukan suatu sistem sertifikasi,
melainkan suatu model yang menjadi acuan program pengembangan profesi.
Sertifikasi model ini hanya meliputi beberapa fungsi dari sistem spesialis,
programmer, dan sistem analis.
Model BCS mengklasifikasikan pekerjaan IT ke dalam
beberapa tingkatan, yaitu:
Level 0. Unskilled Entry
Level 1. Standard Entry
Level 2. Initially Trainded Practitioner
Level 3. Trained Practitioner
Level 4. Fully Skilled Practitioner
Level 5. Experienced Practitioner/Manager
Level 6. Specialist Practitioner/Manager
Level 7. Senior Specialist/Manager
Level 8. Principal Specialist/Experienced Manager
Level 9. Senior Manager/Director
Singapore Computer Society
(Profesional Code of Conduct)
Pada model Singapore ini juga dilakukan pembagian
berdasarkan tingkatan senioritas. Misalnya tingkatan pada System development
-nya, yaitu:
1. Analyst/Programmer
2. Senior
Analyst/Programmer
3. Principal
Analyst/Programmer
4. System
Analyst
5. Senior
System Analyst
6. Principal
System Analyst
7. Development
Manage
Industri sektor teknologi informasi (TI) Singapura
kini sedang menghadapi masa-masa sulit. Bukan disebabkan masalah sepinya pasar
atau lainnya, namun justru karena mengalami kekurangan tenaga kerja handal.
Penelitian seputar pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan karir Hudson
mengungkap perusahaan TI Singapura kini sedang mengalami ‘paceklik’ tenaga
kerja handal. Kekurangan tenaga kerja ini berkaitan dengan ketatnya persaingan
pencarian bakat dari negara-negara Asia lain. Sebesar 73 persen responden dari
kalangan industri TI mengakui perekrutan tenaga kerja yang handal dalam bidang
TI saat ini kian sulit.
Malaysian Computer Society
(Code of Profesional Conduct)
Model Malaysia ini mirip dengan model Singapore
membedakan posisi pekerjaan pada berbagai sektor bisnis. Namun, keduanya
memiliki perbedaan dalam melakukan ranking senioritas, misalnya tingkatan untuk
System Development-nya adalah:
1. Programmer
2. System
Analyst/Designer
3. System
Development Executive
Model Singapore dan Malaysia memiliki banyak kesamaan
dan dapat diintegrasi, dengan pembagian sebagai berikut:
1. System
Development
2. Computer
Operations
3. Sales,
Marketing and Services
4. Education
and Trainings
5. Research
and Developments
6. Spesialist
Support
7. Consultancy
Amerika
Berikut adalah beberapa profesi IT yang terdapat di
negara Amerika:
1.
SQL Server DBA
2.
C#/SQL Engineer
3.
AIX Administrator
4.
BI Analyst – Cognos (mid level)
5.
CDMA Optimization Engineer
6.
Application Specialist
7.
UX Engineer
8.
SAP MM Lead Functional Analyst
9.
SAP SD Analyst
10. Cisco
Voice Engineer
11. SAP
HR Analyst
12. SAP
FI/CO Lead
13. NET
Developer
14. Sr.
Quality Assurance Manager
Australia
Sedangkan di negara Australia terdapat beberapa IT job
diantaranya:
1.
Analyst/programmer
2.
Architecture
3.
Business Analyst/ System Analyst
4.
Computer Operator
5.
Consultant / Functional Consultant
6.
Database Development dan
Administration
7.
Hardware Engineering
8.
Helpdesk dan Desktop Support
9.
Management dan Supervisory
10. Network
Engineering
11. Network
dan System
12. Product
management
13. Project
management
14. Sales
15. Security
16. Software
Development dan Engineering
17. Team
Leaders
18. Technical
Writers
19. Telecommunication
20. Testing
dan QA
21. Training
22. Web
design dan Usability
23. Web
Development, dan lain-lain.
Jepang
Di negara Jepang terdapat beberapa profesi IT,
contohnya sebagai berikut:
1.
Digital Marketing Director
2.
Web Search Evaluator
3.
Sales Manager
4.
Call Center Staff
5.
Bilingual SAP Consultant
6.
C / C++ Developer
7.
Technical Support
8.
IT Instructor
9.
E-Commerce Manager
10. Energy
Account Manager
11. IT
Assistant Instructor
12. Asset
Management
13. Business
Analyst
KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan di atas mengenai perbedaan
standar profesi IT di Indonesia, Amerika, Eropa dan Asia dapat ditarik suatu
kesimpulan bahwa saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat.
Secara tidak langsung dinamika industri di bidang ini juga meningkat dan
menuntut para profesionalnya rutin dan berkesinambungan mengikuti aktifitas
menambah ketrampilan dan pengetahuan baru. Perbedaan standar profesi IT pada
dasarnya tidak terlalu signifikan, karena standar profesi IT mengikuti
kebutuhan di suatu lingkungan, pemerintahan atau negara. Di Indonesia telah
ditetapkan standar baik dari pemerintah maupun organisasi yaitu IPKIN. Profesi
IT dibagi ke dalam 11 kelompok, pangkat, golongan serta tanggung jawab
masing-masing. Di Amerika standar profesi IT ditetapkan oleh organisasi
profesional pejabat publik dan menetapkan
6 standar. Di Eropa, terdapat organisasi COTEC yang menetapkan 4 standar
profesi. Sedangkan di Asia standar profesi ditetapkan oleh organisasi SEARCC
yang beranggotakan 13 negara di Asia.
DAFTAR PUSTAKA
http://gundar.agarirs.com/2014/05/model-standar-profesi-it-di
indonesia.html
https://tirzarest.wordpress.com/2014/05/
http://blognyaisal.wordpress.com/2013/05/28/model-pengembangan-standar-profesi-di-amerika-usa-dan-kanada/
http://azwadblack.blogspot.com/2012/04/perbedaanmodel-profesi-antara-usa-dan.html
http://sisyfasyfa4.blogspot.com/2014/05/perbedaan-model-atau-standar-profesi.html
http://juniorhendy.blogspot.com/2010/03/model-pengembangan-standar-profesi.html
0 komentar:
Posting Komentar