Minggu, 27 Maret 2011

tugas ke dua saya bertemakan wawasan nusantara 1ID03


Tugas ke 2 bertemakan wawasan nusantara
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara beraneka keragaman (pendapat ,kepercayaan ,hubungan,dsb.)memerlukan suatu perekat  agar bangsa yang bersangkutan dapat bersatu guna memelihara keutuhan negaranya.

            Suatu bangsa dalam menyelenggarakan kehidupannya tidakterlepas dari pengaruh lingkungannya,yang didsarkan atas hubungan timbale balik ataiu kait mengait antara filosofi bangsa ideologi ,aspirasi,dan cita –cita yang dihadapkan pada kondisi social masyarakat,budaya dan tradisi keadaan alam dan wilayah serta pengalaman sejarah.

            Upaya pemerintah dan rakyat menyelenggarakan kehidupannya,memerlukan suatu konsepsi yang berupa wawasan nasional yang dimaksudkan untuk menjamin kelangsungan hidup ,keutuhan wilaayah serta jati diri.

            Kata wawasan berasal daro bahasa jawa yaitu wwas (mawas)yang artinya melihat atau mandang,jadi kata wawasan dapat diartikan cara pandang atau cara melihat.

            Kehidupan Negara senantiasa dipengaruhi prkembangan lingkungan stategik sehingga wawasan harus mampu memberi inspirasi pada suatu bangsa dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan yang ditimbulkan dalam mengejar kejayaannya.

            Dalam mewujudakan inspirasi dan perjuangan ada tiga faktorpenentu utama yang harus diperhatikan oleh suatu bangsa :

  1. bumi / ruang  dimana bangsa itu hidup
  2. jiwa /tekad dan semangat manusia /rakyatnya
  3. ligkungan

wawasan nasional adalah cara pandang  suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkungannyadalam eksitensinya yang serba terhubung (interaksi & interelasi )serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah –tengah lingkungannya baik nasional ,regional maupun global.

B. LANDASAN WAWASAN NASIONAL
            Wawasan nasional dibentuk dan dijiwai oleh Paham kekuasaan dan geo politik yangdianut oleh negara yang bersangkutan.

1.      paham – paham kekuasaan
a.      machiavelli (abad XVII)
            dengan judul bukunya ” the prince” dikatakan sebuah negara itu akan bertahan apabila menerapkan dalil-dalil :
1.      dalam merebut dan mempertahankan kekuasaan segala cara dihalalkan .
2.      untuk menjaga kekuasaan rezim,politik adu domba (devide etempera) adalah sah
3.      dalamdunia politik yang kuat pasti dapat bertahan dan menang
b.      Napoleon Bonaparte (Abad Xviii)
         perang di masa depan merupakan perang total ,yitu perang yang mengarahkan segala daya upaya dan kekuatan nasional.napoleon berpedapat kekuatan politik harus didampingi dengan kekuatan ogistik dan ekonomi ,yang didukung oleh sosial budayaberupa ilmu pengetahuan dan teknologi suatu bangsanuntuk membentuk kekuatan pertahanan keamanan dalam menduduki dan menjajah negara lain.


c.       Jendral Clausewitz (Abad Xviii)
         Sempat di usir pasukan napoleon hingga sampai rusia dan akhirnya dia bergabung dengan tentara kekaisaran rusia.dia meulis sebuah buku tentang perang yang berjudul “vom kriegen “ (tentang perang).menurut dia perang adalah kelanjutan politik dengan cara lain .buat dia perang sah-sah saja untuk mencapai tujuan nasional suatu bangsa
d.      fuerback dan hegel(abad XVII)
          paham materialisme fuerback dan teori sintesis hegel menimbulkan aliran kapitalisme dan komunisme .pada waktu itu berkembang paham perdagangan bebas (merchatilism).menurut mereka ukuran keberasilan ekonomi suatu negara adalah seberapa besar surplus ekonominya ,terutama diukur dari seberapa banyak emas yang dimiliki oleh negara itu.

e.       lenin (abad XIX)
            memodifikasi teori clausewitz dan teori oleh mao zhe dong yaitu perang adalah kelanjutan politik dengan cara kekerasan . perang bahkan pertumpahan darah atau revolusi di negaralain diseluruh dunia adalah sah ,yaitu dalam rangka mengomuniskan bangsa dunia.

2.      teori –teori geopolitik
goepolitik adalah ilmu yangmempelajari gejala –gejala politik dari aspek geografi.teori ini dapat di kemukakan oleh para sarjana seperti :
FEDERICH RETZEL
1.   pertumbuhan negara dapat dianalogikan (disamakan/mirip) denganpertumbuhan organisme (makhluk hidup),yang memerlikan ruang hidup ,melalui proses lahir tumbuh ,berkembang mempertahankan hidup tetapi dapat menyusut dan mati.

2.   Negara identik dengan suatu ruang yang ditempati oleh kelompok politik dalam arti kekuatan.makin luas potensi ruang makin memungkinkankelmpok politik itu tumbuh

3.   Suatu bangsa dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya tidak terlepasdari hukum alam.hanya bangsa yang unggul dan bertahan hidup terus dan langgeng.

4.    Semakin tinggi budaya bangsa semakin besar kebutuhan atau penunjang  SDA. Apabila tidak terpenuhi ,bangsa tersebut akan m,encari pemenuhan kebutuhan lkekayaan alam di luar wilayah .

5.   Apabila wilayah tidak memenuhi ,maka dapat diperluas dengan mengubah batas negara baik secara damai maupun dengan kekerasan
c.       WAWASAN NASIONAL INDONESIA
Wawasan naional indonesia dikembangkbangkan berdasarkan wawasan nasional secara universal sehingga dibentuk dan dijiwai oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dipakai di negara indonesia
Paham kekuasaan indonesia yang berfalsafah dan berideologi pancasila menganutpaham tentang perangdan damai berdasarkan: bangsa indonesia cinta damai,akan tetapi ,lebih cinta kemerdekaan ”.dengan  demikian wawasan nasional indonesia tidakmengembangkan ajaran kekuasaan dan adu kekuatan karena hal tersebut mengandung persengketaan dan ekspansionisme.

GEOPOLITIK INDONESIA

  Indonesia menganut paham negara kesatuan berdasarkan archipelago concept yaitu laut sebagai penghubung darat sehiggga wilayah negara menjadi satu kesatuan ang utuh tanah air yang disebut sebagai negara kepulauan

DASAR PEMIKIRAN WAWASAN NASIONAL INDONESIA
            Bangsa indonesia dalam menentukanwawasan nasionalmengembangkan dari kondisi nyata. Indonesia dibentuk dan dijiwai oleh pemahaman kekuasaan dari bangsaindonesia yang terdiridari latar belakang sosial budaya dan kesejahteraan indonesia.untuk itu pembahasan latar belakang sebagai filosofisebagai dasar pemikiran dan pembinaan nasional indonesia ditinjau dari:
v  pemikiran berdasarkan falsafah pancasula
manusia indonsia adalah makhluk ciptaan tuhan yang mempunyai naluri akhlak dan daya fikir sadar akan keberadaannya yang serba terhubung dengan sesama,lingkungan ,alam semesta dan dengan penciptanya .kesadaran ini menumbuhkan cipta ,karsa dan karya untuk mempertahankn ekstensi dan kelangsungan hidupnya dari generasi ke generasi .adanya kesadaran yang mempengaruhi oleh lingkungannya,manusia indonesia mempunyai motivasi demi terciptanya suasana damai dan tentram menuju kebahagiaan serta demi terselenggaranya keteraturan dalam membina hubungan antar sesama.
      Dengan demikian nilai-nilai pancasila sesungguhnya telah bersemayam dan berkembang dalam hati sanubari dan kesadaran bangsa indonesia,termasuk dalam menggali dan mengembangkan wawasan nasional.

      Wawasan nasional  merupakan pancaran dari pancasila oleh karena itu menghendaki terciptanya kesatuan dan kesatuan dengan tidak ,enghilangkan ciri,sifat dan karakter dari kebhineka unsur-unsur pembentuk bangsa (suku,bangsa,etnis dan golongan)

v  pemikiran berdasarkan aspek kewilayahan
dalam kehidupan bernegara geografi merupakan suatu fenomena yang mutlak di perhatikan dan diperhitungkan baik fungsi maupun pengaruhnya terhadap sikap dan tata laku negara yang bersangkutan.

Wilayah indonesia pada saat merdeka masih berdasarkan peraturan tentang wilayah teritorial yang dibuat oleh belanda yaitu : territrorial marietime ordonantie 1939 (TZMKO 1939) dimana lebar laut wilayah atau teritorial 3mil dari garis rendah pulau –pulau di indonesia

TZMKO 1939 tidak menjamin kesatuan wilayah indonesia sebab antara satu pulau dengan pulau lain menjadi terpisah.sehingga pada tanggal 13desember1957 pemerintah mengeluarkan deklarasi juanda yang isinya:

a.       segala prairan di sekitar ,diantara dan yang menghubungkan pulau-pulau yang termasuk negara indonesi dengan tidak memandang luas /lebarnya adalah bagian –bagian yang wajar sebagai wilayah daratan idonesia.

b.      Lalu lintas yang damai di perairan pendalaman bagi kapal-kapal asing dijamin dan sekadar tidak bertentangan /mengganggukedaulatan dan keselamatan negara indonesia.

c.       Batas laut teritorial adalah 12 mil diukur dari garis yang menghubungkan titik-titik ujung yang terluar pada pulau –pulau negara indonesia.

Sebagai negara kepulauan yang wilayah perairan lautnya lebih luas dari pada wilayah daratannya ,maka peranan wilayah laut menjdi sangat penting bagi kehidupan bangsa dan negara .

luas wilayah indonesia sekitar 5.176.800 km2.in berarti luas wilayah laut indonesia lebih dari dua setengah kali luas dratannya sesuai denganhukum laut internasional yang telah disepakati oleh PBB tahun 1982. wilayah perairan laut dapat dibedakan 3 macam,yaitu zona teritorial ,zona landasan kontinen,dan zona ekonomi eklusif.

a.       Zona laut teritorial
      Batas laut tritorial adalah garis hayal yang berjarak 12 mil laut dari garis dasar ke arah laut lepas.jika ada   2 negara atau lebih menguasai suatu lautan,sedangkan lebar lautan itu kuran dari 24 mil maka garis teritorial ditarik sama jauh dari gris masing-masing negara terseebut.laut yang terletak antara garis dengan garis batas teritorial disebut laut teritorial.garis dasar adalah gariskhayal yang menghubungkan titik dari ujung pulau terluar. Sebuah negara mempunyai hak kedaulatan sepenuhnya sampai batas laut teritorial tetapi mempunyai kewajiban menyediakan alur pelayaran lintas damai baik diatas maupun di bawah permukaan laut .deklarasi juanda kemudian diperkuat /diubah menjadi UUD No. 4 Prp.1960.

b.      Landasan kontinen
Landasan kontinen adalah dasar laut yang secara geologis maupun morfologi merupakan lanjutan dari sebuah konten benua ke dalaman lautnya kurang dari 150 meter indonesia terletak pada dua buah landasan kontinen yaitu landasan kontinen asia ,dan australia landasan kontinen tersebut diukur dari garis dasar yaitu paling jauh 200mil laut . jika ada dua negara atau lebih menguasai lautan diatas landasan kontinen maka batas negara tersebut ditarik sama jauh dari garis masing-masing negara



c.       Zona ekonomi eklusif (zee)

Zona ekonomi eklusif adalah jalur laut slebar 200 mil laut ke arah laut terbuka di ukur dari garis dasar .di dalam zona ekonomi eklusif ini  indonesia mnedapat kesempatan pertama dalam memanfaatkan sumber dya laut .di dalam zona ekonomi eklusif ini kebebasan pelyaran dan pemasangan kabel serta pipa di bawah permukaan laut tetap diakui sesuai dengan prinsip hukum laut internasional,batas landas kontinen dan batas zona ekonomi ekliusif antara dua negara yang bertetangga  sling tumpang tindih maka ditetapkan garis-garis yang menghubungkan titik yang sama jauh dari dasar kedua negara itu sebagai batasnya.pengumuman eklusif indobesia dikeluarkan oleh pemerintah

d.      Pengertian wawasan nusantara
Sebagai kelembagaan dalam struktur politik
Is (content )

            Adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945.untuk mencapai aspirasi yang berkembang di masyarakat maupun cita-cita dan tujuan nasional seperti tersebut di atas bangsa indonesia harus mampu menciptakan persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan dalam kehidupan nasional yang berupa politik ,ekonomi ,sosial budaya dan hankam.isi menyangkut dua hal .pertama realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersma dan perwujudannya,mencapai cita-cita dan tujuan nasional persatuan ,kedua persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional

Tata kelakuan (conduct)
Hasil interaksi antara wadah dan isi wasantara dari :
v Tata laku batiniah yaitu mencerminkan jiwa,semangat dan mentalitas yang baik dari bangsa indonesia
v Tata laku lahiriah yaitu tercemin dalam tindakan ,perbuatan dan perilaku dari bangsa indonesia.
Kedua tata laku tersebut mencerminkan identitasjati diri /kepribadian bangsa berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan yang memiliki rasa bangga  dan cinta terhadap bangsa dan tanah air sehingga menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi dalam semua aspek kehidupan nasional.
e.    Hakekat wawasan nusantara
Adalah keutuhan nusantara/nasional,dalam pengertian :cara pandang yang selalu utuh menyelluruh dalam lingkngan nusantara dan demi kepentingan nasional.berarti setiap warga bangsa dan aparatur negara harus berfikir ,bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam hidup dan demi kepentingan bangsa dan termasuk produk –produk yang dihasilkan oleh lembaga negara.

0 komentar:

Posting Komentar